Senin, 12 Januari 2009

opini; aplikasi teknologi informasi dan multimedia

Teknologi Informasi membuat kita dapat belajar dan mendapatkan informasi yang kita butuhkan dari mana saja, kapan saja, dari siapa saja. Jika dikaitkan dengan program penyuluhan pertanian, maka teknologi informasi ini sangat penting. Karena kita dapat mengakses informasi yang dibutuhkan petani dengan cepat. Selain itu juga, dengan adanya teknologi informasi, kita dapat mengubah cara penyampaian informasi ke petani dengan cara yang lebih menarik, seperti pemberian gambar pada bahan presentasi, sehingga tidak monoton dan para petani tertarik dengan apa yang diinformasikan oleh penyuluh. Dengan demikian, tujuan informasi akan cepat dipahami oleh para audiens (petani).

Selain itu, dengan adanya media teknologi informasi, kita dapat mengubah metode penyampaian informasi, sehingga dalam penyampaiannya tidak hanya dengan komunikasi verbal (kata-kata) tetapi juga dengan gambar, teks, warna, dsb. Maka petani (audien)pun tidak cepat bosan.

Memanfaatkan Teknologi Informasi (TI) khususnya internet dapat dianalogikan seperti petani yang mencangkul kebun, Bertani di dunia maya untuk menggali informasi guna pembelajaran berbagai hal, yang diharapkan dengan informasi yang telah diperoleh akan diterapkan untuk melatih ketrampilan, bila ketrampilan sudah diperoleh tentunya akan meningkatkan produktifitas yang pada gilirannya akan dapat meningkatkan pendapatan sehingga bisa mengatasi kemiskinan.

1 komentar:

cekza Blog mengatakan...

teknologi informasi dan multimedia memang membantu, tapi lebih baiknya bawa audiensnya ke objek aslinya biar lebih paham!betul ga? :)